Tentang Rumah Minimalis

Saat ini rumah minimalis semakin diminati oleh masyarakat. Ia banyak dipilih karena terkesan sederhana dan elegan. Bagi mereka yang mementingkan hal-hal yang esensial dan fungsional, maka akan cenderung memilihnya.
Perlu Anda ketahui, minimalis adalah pola berpikir, bekerja, dan suatu cara hidup. Sebuah cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan. Pengertian gaya arsitektur minimalis adalah gaya arsitektur yang menampilkan elemen seperlunya, sesimpel mungkin namun elegan.
Meski demikian, tidak kemudian semua elemen dan unsur desain rumah diminimalkan atau menjadi minim. Perlu Anda tahu, desain rumah minimalis menerapkan kepolosan, dengan tidak menambahkan profil, ornamen serta unsur-unsur dekoratif maupun garis lengkung pada fasadanya.
Gaya bangunan ini tampil lebih clean dan terlihat Modern. Semestinya konsep rumah ini mencerminkan filosofi si penghuni bangunan yang simple, praktis dan sederhana.
Rumah minimalis pun hadir dengan karakter lebih jelas (bentuk dan ruang geometris, sederhana), lebih baik (kokoh), dan lebih kuat dengan ruang- ruang yang kosong (sedikit ornamen dan perabotan).
Prinsipnya semakin sederhana, maka kualitas desain, ruang yang ada, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin lebih baik. John Pawson yang dianggap sebagai guru minimalisme menghadirkan desain rumah yang minim garis, suasana yang hening dan indah.
Konsep rumah minimalis bertujuan untuk meningkatkan nilai suatu ruang keseluruhan untuk eksterior dan interior dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebih di dalam ruang tersebut. Konsep minimalis diterapkan dalam semua aspek termasuk arsitektur bangunan rumah, interior ruang, dan eksterior taman.
Rumah minimalis menghilangkan kejenuhan terhadap pemakaian banyak ornamen dekoratif, pernak-pernik aksesori. Karakter dan kualitas ruang-ruang yang tercipta ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernak-pernik aksesori didalamnya.
Ruangan lebih terbuka dengan meminimalkan penyekatan dinding, sehingga ruang terasa lega sesuai kebutuhan utama penghuni, mengoptimalkan sirkulasi udara segar yang sehat, dan pencahayaan sinar matahari yang melimpah.
Penataan perabot rumah minimalis membutuhkan suatu keteraturan. Ruangan diisi dengan perabotan yang sangat efisien dan fungsional saja. Perabotan rumah dipilih hanya yang benar-benar dibutuhkan, bukan elemen dekoratif, jika memungkinkan multifungsi sehingga ruang pun terkesan bersih dan lega.
Penataan cahaya lampu yang cermat dan berseni (lampu sorot, lampu tanam, lampu gantung, lampu taman) membuat rumah model ini tampak lebih artistik di malam hari.
Rumah minimalis akan terus berkembang seiring dengan kreatifitas arsitek, inovasi desain, dan ditunjang kecanggihan teknologi, membuat penampilan rumah ini akan selalu hadir dengan terobosan-terobosan baru yang segar, detail yang makin sempurna, dan harga yang semakin terjangkau.
Rumah minimalis jelas akan terasa nyaman untuk ditinggali bagi masyarakat urban yang serba praktis, fungsional, ringan, hemat, dan efisien, karena minimalis adalah pengejawantahan gaya hidup mereka, sesuai dengan kebutuhan fungsi mereka. Simbol gaya hidup metropolis. Sebuah cara hidup sederhana secara total.
Ya, nilai keindahan rumah minimalis tidak lagi mengandalkan ornamen dan obyek artifisial, tetapi lebih bermakna kepada sebuah kejujuran bentuk, fungsi, dan penjiwaan ruang yang diciptakan. Tidak heran jika kemudian rumah model ini menjadi pilihan masyarakat urban yang merindukan kejujuran, kesederhanaan, dan kepolosannya.